Published on

Pembuatan Web Dan Blog Hybridnet

Authors
  • avatar
    Name
    hybridnet.org
    Twitter
Tadinya saya ingin membuat web dan blog hybridnet dengan wordpress, tapi setelah saya pikir-pikir mahal banget karena harus bayar hosting atau sewa vps buat website wordpressnya, akhirnya saya berpikir bagaimana supaya bikin website yang murah cukup bayar domainnya saja, akhirnya saya berpikir buat bikin website statis aja yang isinya html,css dan javascript. setelah saya bikin jelek juga karena emang kemampuan saya buat ngoding sangat rendah sekali, terus akhirnya saya beli template aja di envato elements, setelah saya edit-edit templatenya kemudian saya upload di cloudflare pages. pembuatan web dan blog
Saya memilih cloudflare pages karena di cloudflare pages untuk yang gratis dia unlimited bandwith, tidak seperti di github page atau netlify yang cuman 100GB bandwithnya. Setelah itu ada masalah lagi untuk bikin blog karena statis harus manual, akhirnya saya nyoba-nyoba untuk bikin web statis tapi dia kaya ada databasenya, saya mulai coba-coba dengan bikin pakai hugo dan jekyll, tapi hasilnya jelek, akhirnya saya bikin saja dengan next js untuk blog.hybridnet.org ini. Harga Cloudflare Pages

Website hybridnet.org saya buat dengan html,css, javascript, dan menggunakan framework css bootstrap. Blog.hybridnet.org saya buat dengan next js dan tailwind, dan saya deploy project blog ini di vercel, karena di cloudflare pages error terus.

Walaupun website dan blog saya hanya bermodalkan beli domain dan template saja tetapi tampilannya sudah bagus, tidak kalah dengan wordpress, menurut saya kalau website isinya cuma text, foto video ngapain pakai wordpress, mending bikin website statis aja terus upload di cloudflare pages, di jamin meskipun gratis website kita dikunjungi ribuan orang tidak bakalan down karena unlimited bandwith dan web kita terjaga karena berada di server cloudflare.

Semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu bebas pilih sendiri jika ingin mudah ya pakai wordpress, wordPress menawarkan antarmuka yang ramah pengguna, banyak plugin dan tema yang tersedia, serta dukungan komunitas yang luas. jika ingin murah pakai web statis, menggunakan situs web statis dapat mengurangi kebutuhan sumber daya server dan sering kali lebih murah dalam hal hosting. Meskipun membutuhkan keterampilan teknis lebih dalam pengelolaan dan pemeliharaan, tetapi kecepatan dan efisiensinya dapat menjadi kelebihan yang signifikan.